•  
  • Berbagi Kebaikan Dunia Akhirat
194-bagaimana-caranya--agar-kita-kembali-ke-fitrah--bisakah Minggu, 14 Juni 2015 - 08:41:34 WIB
BAGAIMANA CARANYA AGAR KITA KEMBALI KE FITRAH ? BISAKAH ?
Diposting oleh :
Kategori: Religion and Culture - Dibaca: 4045 kali

Asslamualeykum Wahrohmatullah

Sdrku kata fitrah saat ini tengah hangat di perbincangkan oleh masyarkat dunia, terutama umat muslim, para Ustadz, diseluruh penjuru dunia, Fitrah adalah suatu kata yang diidamkan banyak orang, semua orang beriman sudah dipastikan mencari apa itu Fitrah. Fitrah akan membawa seseorang menuju ke gerbang kebahagiaan yang hakiki, apala artinya banyaknya harta, apala artinya kecantikan, apala artinya tahta, kalau berakhir dengan kesengsaraan yang hakiki, yaitu NAR alias Neraka. maukah antum bergelimang harta, bergelimang wanita cantik, berkedudukan tinggi namun akhir dari kehidupan antum berakhir kesengsaraan ?

Sdrku kata Fitrah memang sangat mudah diucapkan,oleh siapapun yang mau, boleh dan sah, tapi sangat sulit untuk mencapainya,perlu memahami apa itu fitrah? Sdrku sebaiknya sebelum kita mengucakannya perlu kita mempunyai ilmu agar kata FITRAH benar benar terrealisasi sesuai dengan standard yang diinginkan oleh Sang Pencipta Manusia sebab tanpa ilmu, maka kata fitra tidak mempunyai makna apa-apa, Kata fitrah bisa diartikan sebagai kembalinya alias BACK TO BASICnya  Manusia kepada ASLINYA sesuai spesifikasi yang menciptakannya, Kembali keFITRAH TIDAK AKAN BISA DICAPAI HANYA DENGAN BERPUASA, SEBAB SETANDARDNYA Manusia alias spesifikasinya awal manusia   bukan hanya berpuasa di bulan ramadhan.........

Sdrku kata fitrah lebih lebih sering orang menghubungkannya dengan hari raya idul fitri, begitu selesai berpuasa sebulan penuh dan berakhir dengan Sholat Idul fitri, apa kata sebagian orang bahwa semoga anda kembali ke Fitrah layaknya seperti bayi, namun sebenarnya dia tidaklah pantas di beri ucapan itu, mengapa ? karena mereka sebenarnya belum kembali ke sediakala, saya ambil contoh, ketika mereka berpuasa mereka menggunakan Hijab  namun setelah ramadhan selesai mereka kembali lepas HIjab, belum lagi mereka berpuasa tidak sesuai tuntunan apa yang perintahkan oleh Allah SWT melalui Lisan dan perbuatan Rasulullah SAW, belum lagi sholatnya, belum lagi Wudhunya, belum lagi ketaatanya ke pada Rasulullah SAW, banyak lagi penyimpangan penyimpangan cara beribadah yang tidak pernah diajarkan Nabi besar Muhammad SAW, belum syiriknya dll.

banyak hal yang harus diperbaiki agar kita bisa kembali ke FITRAH alias penciptaan awal manusia pertama kita harus paham dulu apa makna dari FITRAH ?

Sdrku  FITRAH secara bahasa berasal dari bahasa Arab,(bentuk Qi-yasan dari Masdhar dari kata Fathara-Yafthuru- Fathran) yang berarti  sifat, asal kejadian,kesucian, kemuliaan, atau agama yang benar. yang semuanya disandarkan kepada manusia. sedangkan menurut istilah ada beberapa pendapat yang mendifinisikan FITRAH,diantarnya  Asy-Syarif Ali bin Ahmad Al-Jurjani yang mendifinisikan Fitrah sebuah karakter yang senang menerima agama ; Raghib al isfahani mendifinisikan fitrah sebagai kekuatan dan kemampuan yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia untuk mengenal iman; sedangkan menurut ahli fikih fitrah di definisikan sebagai karakter yang bersifat suci dan asli yang dibawa oleh manusia sejak lahir dan menurut istilah teknik adalah spesifikasi MANUSIA ketika di ciptakan oleh ALLAH SWT. seperti menyembah satu tuhan mengesahkan tuhan (TAUHID RUBBUBIYAH), mengenal  cara-cara beribadah/ berinteraksi dengan tuhan (TUHID ULUGHIYAH) dan mengenal sifat-sifat tuhan ( ASMA WASIFAT ) .kemudian mengenal hukum-hukum ALLAH SWT seperti menutup AURAT bagi perempuan, cara sholat, cara wudhu, cara mengurus jenaza, berjenggot bagi kaum laki-laki dan banyak lagi dan itu semua perlu di kembalikan ke asal penciptaan manusia.

Sdrku kalau kita hanya berpuasa  dimana pusanyapun tidak sesuai dengan apa yang di perintahkan, belum lagi cara beribadah banyak tidak sesuai petunjuk, belum lagi banyak ritual yang tidak pernah dicontohkan, alias dibuat - buat sekehendak hati alias banyak cara beribadah yang di perintahkan dimodifikasi oleh manusia,  kemudian pada 1 syawal merayakan Idul fitri kira-kira menurut antum bisa ga kembali ke FITRAH ????? coba antum renungkan, maka sebaiknya sebelum mengucapkan itu dipikir dahulu, setuju ga antum.

Sdrku dari bahasan di atas jelas bukan ?, kembali ke FITRAH TIDAK SEMUDAH APA YANG DI UCAPKAN,  perlu DIRENCANAKAN, perlu TUJUAN, perlu ILMU, perlu ISTIQOMAH, perlu melalui UJIAN, BARU KITA DAPAT PREDIKAT KEMBALI : KE FIIIIITTTRAAAAH



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)